Maisar

Selamat Datang di Blog Maisar. Bekerja tanpa doa adalah sombong, berdoa tanpa bekerja adalah sesat
SELAMAT DATANG DI BLOG MAISAR

Friday, May 26, 2023

SMPN 20 SINGKAWANG IKUTI LOKAKARYA WISATA DIGITAL GURU OLEH IGI SINGKAWANG

 

SMPN 20 SINGKAWANG LOKAKARYA WISATA DIGITAL GURU OLEH IGI KOTA SINGKAWANG

 


Singkawang -Sebanyak 12 orang yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan staf tata usaha SMP Negeri 20 Singkawang mengikuti lokakarya Wisata Digital Guru (WDG) yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) Singkawang.

Lokakarya WDG yang berfokus pada peningkatan kemahiran guru dalam memanfaatkan teknologi dan menciptakan media pada proses pembelajaran digelar di Taman Rekreasi Teratai Indah yang terletak di Jalan Burhani nomor 5 Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat. Lokakarya  digelar dengan memanfaatkan waktu  akhir pekan dengan tujuan agar proses transfer ilmu oleh narasumber kepada peserta tidak mengganggu waktu dan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Lokakarya yang sedianya dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang namun akhirnya diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang, H. Safari Hamzah S.Ag., M.Si. Hal ini disebabkan pada waktu bersamaan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang juga harus mengikuti kegiatan lain di Jakarta.

Pada sambutannya Safari menekankan pentingnya kegiatan literasi dilakukan oleh berbagai kalangan. Safari mengajak setiap insan khususnya guru untuk menghidupkan kembali praktik baik kebiasaan membaca yang tentunya berdampak bagi kekayaan pengetahuan maupun keragaman penguasaan kosakata setiap orang yang menghidupkan hobi membaca dalam dirinya.

Kegiatan lokakarya ini menghadirkan berbagai narasumber berkompeten dalam setiap materi yang disampaikan antara lain Helmi Fauzi dengan materi Transformation System In Industrial Revolution 5.0 and Seciety 5.O, Suhendra (Ketua Jurnalistik Kalbar dan Redaktur Suara Kalbar) dengan materi jurnalistik, Andri Suwandi dengan materi SAGUSAMED (Satu Guru Satu Media Edukasi) Pembuatan Blog, Sigit Aprisama dengan materi Mendesain Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Teknologi Menggunakan Model Assure, dan Arie Tiyawarman materi SAGUSAPIJAR (Satu Guru Satu Metode Permainan dalam Pembelajaran) yang memandu para peserta lokakarya mendesai pembelajaran menyenangkan dengan memanfaatkan aplikasi Edu Game khususnya Wordwald.

Keikutsertaan dua belas personil dari SMPN 20 seolah “bedol desa” disebabkan dari seluruh guru dan tenaga pengajar SMPN 20 Singkawang yang total hanya terdiri dari 20 orang (termasuk kepala sekolah), 60% menyatakan kesediaan mengikuti lokakarya disebabkan ketertarikan mendalam terhadap materi yang akan disampaikan oleh narasumber.

Ditemui di sela-sela kegiatan, Deny Sartika, S.Pd., selaku salah satu guru SMPN 20 Singkawang yang mengikuti lokakarya mengungkap, “Kegiatan ini sangat berbobot. Materinya menarik, ditambah disampaikan oleh narasumber yang memang berkompeten.” Hal serupa juga disampaikan oleh Salmawanti, S.P., selaku guru mata pelajaran IPA di SMPN 20 Singkawang, “Saya pribadi merasa tertarik dan tertantang dengan berbagai tugas yang diberikan kepada peserta. Selain itu diselenggarakan di tempat yang tidak terlalu formal, jadi pikiran kita dan mood menjadi lebih fresh,” pungkas ibu dari empat orang anak ini.

Adapun kegiatan lokakarya ini diagendakan akan digelar dalam tiga kurun waktu yang berkesinambungan yakni pada Sabtu 20 Mei 2023, Sabtu 27 Mei 2023, dan Sabtu 3 Juni 2023.

0 comments:

Post a Comment